Suzuki Ertiga, Nissan Evalia Siap Jatuhkan Avanza-Xenia

Bursa mobil indonesia dalam setahun terakhir, persaingan ketat mulai terasa pada kategori MPV (multi purpose vehicle). Banyak pendatang baru bermunculan, salah satunya adalah Suzuki Ertiga yang siap menjatuhkan Avanza-Xenia dari posisi puncak. Avanza dan kembarannya, Xenia, merupakan pemain lama yang menguasai kategori MPV terjangkau dan merajai bursa mobil indonesia.


Suzuki berniat menantang dominasi Toyota dan Daihatsu dalam kategori ini, apalagi penurunan penjualan APV disebabkan oleh dominasi kencang low MPV yang disematkan oleh Avanza-Xenia.

Ertiga, produk andalan Suzuki, punya desain dinamis dan modern, tampilan sempurna pada interior dan eksterior.

Kendaraan ini memakai konsep mobil sporty, menyematkan head lamp yang lebih lebar. Tengoklah, interior kabin, kemewahan adalah nilai lebihnya, berbeda dari yang lainnya.


Demi menjatuhkan pesaing, Suzuki Ertiga mengutamakan fitur keselamatan. Balon udara (air bag) untuk penumpang depan jadi statement utamanya. Harga Suzuki Ertiga yang terjangkau sekitar Rp.143 juta – Rp.165 juta, diharapkan bersaing.

Low MPV adalah tumpuan utama untuk menjerat minat konsumen Indonesia. Bahkan, dalam waktu sekitar 8 bulan sejak perilisan, Ertiga berhasil meraih penjualan yang cukup tinggi hingga 34.074 unit.

Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Davy J Tuilan, mengakui bahwa penjualan Ertiga cukup tinggi bahkan menyumbang 35% dari total penjualan selama 2012.

Ertiga menguasai 11,4% pangsa pasar Low MPV. Suzuki terus menggempur posisi puncak, Avanza-Xenia. Tak ingin menunggu lama, PT Suzuki Indomobil Sales kembali meluncurkan model teranyar dengan fitur baru, AC double blower.

Untuk fitur terbaru ini, Suzuki Ertiga disematkan dengan harga sekitar Rp 172,8 juta. Tak berhenti disitu saja, perusahaan merencanakan merilis kendaraan yang memakai transmisi matic.


Serangan pada Avanza-Xenia tak hanya dilancarkan oleh Suzuki. Nissan Motor Indonesia ikut meramaikan dengan meluncurkan Evalia, produk terbarunya yang siap menjegal dominasi Avanza. Evalia yang disematkan oleh Nissan coba memperoleh kesuksesan Serena yang punya peminat cukup banyak. Sekilas, desain bodi Evalia tampak serupa tapi lebih kecil dari Serena.

Evalia memperoleh respon positif, penjualan Nissan Motor Indonesia (NSI) ikut meningkat, harga mobil kisaran antara Rp 145 juta - Rp 185 juta, tahun lalu bahkan terjual sekitar 10.061 unit. Teddy Irawan selaku Vice President Director Sales and Marketing NSI menargetkan pangsa pasar antara 20%-25%.

Menghadapi tantangan dari pesaing, tak membuat Toyota Astra Motor (TAM) gentar. Keyakinan tinggi terhadap pertumbuhan Avanza pada tahun 2013. Ini berdasarkan pengalaman masa lalu, dimana mengalami peningkatan 18% dan penjualan 192.146 unit. Avanza tetap kokoh sebagai raja Low MPV dengan menguasai market share sebesar 49,40%.

Sedangkan saudara kembar, Daihatsu Xenia, ingin mempertahankan eksistensi. Saat ini mampu bertahan menguasai 25% pasar low MPV dan menjual 78.418 unit. Itu membuatnya bercokol pada posisi kedua mengutit sang saudara, Toyota Avanza.

Optimisme tinggi berada di pihak manajemen, merasa yakin menargetkan penjualan rata-rata 6000 unit untuk setiap bulannya. Hal itu diamini oleh Rio Sanggau selaku Head Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor.

Pangsa pasar MPV murah berpotensi tinggi di Indonesia, kendaraan ini bahkan memberi kontribusi besar, menyumbangkan 33% penjualan kendraan di Indonesia. Mampukah Suzuki Ertiga dan Nissan Evalia menaklukkan Avanza-Xenia?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Pribahasa Arab Lengkap - Mahfudzot

DO'A SEORANG LELAKI UNTUK GADIS PUJAANNYA

FATIN SHIDQIA - Jalan Cinta (Sherina) 19 April