Cara Upload File CSS atau JS di Google Drive

Sekarang Google telah memberikan keleluasan untuk para blogger yang suka mencari hosting untuk mengupload file-file CSS ataupun JS supaya koding pada sebuah web tampak lebih pendek.

Google Drive adalah salah satu banyak pilihan para blogger yang suka menyimpan file-file mereka untuk dipanggil menggunakan script saja. Maaf ya penjelasan saya diatas kurang dapat dimengerti. haha

Baiklah, Google Drive bukan hanya bisa untuk menjadi Hosting buat file-file koding kalian. Google Drive juga bisa menyimpan berbagai file seperti gambar, aplikasi dll. Yaa seperti Backup data gitu deh.. hehe.

Keuntungan yang didapat dari Google drive juga banyak sekali, Seperti Space Penyimpanan yang kita dapat sudah sebesar 5GB per akun, dan juga katanya file kita yang kita simpan di google drive juga aman dari tangan Hacker loh, ini karena Goggle sudah memproteksinya dengan sistem canggih "katanya" :D.

Hmm, oke kita kembali ke topik utama, yaitu bagaimana sih cara MengUpload file CSS/JS di GOOGLE DRIVE supaya bisa di gunakan di blog sobat. ikuti langkahnya dibawah ini yaa.





  • - Buatlah sebuah folder sesuai kategori file agar lemari penyimpanan kita lebih terlihat rapi. (lihat gambar)



  • - Buka folder yang telah anda buat, terus Upload deh file anda yang sudah anda siapkan tentunyakan. (lihat gambar)
upload-file-baru


  • - Setelah proses upload selesai, sekarang kita harus mengubah Privasi file tersebut agar bisa dilihat secara PUBLIK. Klik kanan pada filenya > Bagikan > Bagikan
bagi-pakai-file-baru


  • - Setelah itu akan tampil sebuah PopUp, Rubahlah Sharing Settings (Privasi) filenya menjadi  publik on the web lalu klik Save. (Lihat gambar)
Google-Drive-Sharing-setting-Private-to-Public


  • - Proses Upload sudah selesai sampai tahap ini.
  • - Selanjutnya adalah CARA Menerapkan File CSS/JS kalian kedalam Blog/Template.
  • - Pertama yang harus anda ketahui adalah ID dari file yang telah anda upload tersebut, dengan cara melihatnya pada bagian "Bagi Pakai" atau lihat gambar berikut agar lebih jelasnya (lihat tulisan yang diberi warna kuning, itu lah ID filenya):
alamat-url-file-hosting

Jika filenya merupakan kode CSS gunakan script berikut ini :
<link href="https://googledrive.com/host/0B9aCNMbcS5Bld2FhVHNlM0lnUXc" rel="stylesheet"></link>
Atau Jika filenya merupakan kode HTML/java script gunakan script berikut ini :
<script src="https://googledrive.com/host/0B9aCNMbcS5BlaFJWN284Z2JfWGc" type="text/javascript"></script>

  • Ganti ID yang saya beri warna diatas dengan ID file anda sendiri, Setelah itu tinggal Simpan kodenya diatas </body> atau bisa juga diatas </head> terserah anda maunya dimana. hehe

baiklah sudah sampai disini saja dulu tutor saya kali ini, sebetulnya ini hanya catatan bagi saya saja sih. Ya mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi para rider yang kebetulan lewat GUBUK saya ini. Maaf rada belepotan. ckckck

#ngantuk, Selamat istirahat sobat..! :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumpulan Pribahasa Arab Lengkap - Mahfudzot

DO'A SEORANG LELAKI UNTUK GADIS PUJAANNYA

FATIN SHIDQIA - Jalan Cinta (Sherina) 19 April